Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Layanan Jasa Travel Amwa Tour
Pengaruh harga, fasilitas, dan lokasi terhadap preferensi konsumen di Travel jasa AMWA tour.
DOI:
https://doi.org/10.33005/peta.v4i1.226Keywords:
Preferensi KonsumenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis preferensi konsumen terhadap tiga aspek utama yaitu harga, fasilitas, dan lokasi, yang berlokasi di biro wisata cabang Garut. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui study literatur dan observasi. Pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling dengan metode purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kontras orthogonal, pengolahan data dilakukan dengan menggunakan Microsoft Excel serta SPSS versi 20. Populasi pada penelitian ini sebanyak 100 pengguna jasa travel. Sampel yang diambil pada penelitian ini yaitu semua populasi sebanyak 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa atribut yang paling memengaruhi preferensi konsumen dalam memilih layanan jasa di travel AMWA Tour adalah harga dengan nilai kepentingan tertinggi kemudian lokasi dan yang terakhir adalah fasilitas. Konsumen cenderung lebih memilih harga pada rentang Rp29.750.000 – Rp31.000.000, kemudian lokasi yang dekat kota, serta fasilitas yang lengkap. Analisis korelasi antara preferensi yang diestimasi dan preferensi yang diamati menunjukkan hubungan yang sangat kuat dan signifikan.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 kanida arliani sufitri imas, Dani Aditama, Risma Muhamad Ramdani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



