PENGARUH PERILAKU PENUMPANG UDARA DALAM MENGGUNAKAN INSTAGRAM TERHADAP PEMILIHAN DESTINASI DESA WISATA

Authors

  • NANIK RIANANDITA SARI
  • NUR MAKKIE PERDANA KUSUMA

DOI:

https://doi.org/10.33005/peta.v1i2.23

Abstract

Proses pengembangan dan promosi destinasi desa wisata di Yogyakarta yang mengundang wisatawan untuk datang dan berkunjung ke Yogyakarta dilakukan dengan bantuan Instagram melalui unggahan yang ada di dalamnya. Tujuan penelitian adalah mengetahui perilaku penumpang udara dalam menggunakan Instagram untuk memutuskan pemilihan destinasi desa wisata. Data yang digunakan yaitu data primer tentang variabel perilaku penumpang udara pengguna Instagram (15 item), variabel pemilihan destinasi desa wisata (6 item). Semua item pernyataan tersebut di atas telah diukur menggunakan Skala Likert. Sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 267 penumpang udara yang berkunjung ke desa wisata.
Data dianalisis dengan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa perilaku penumpang udara dalam menggunakan Instagram mempengaruhi dalam memilih destinasi desa wisata sebesar 0,715 atau 71,5%, sedangkan 28,5% adalah sumbangan dari variabel lain yang tidak diketahui dari penelitian ini. Wisatawan melakukan pencarian informasi melalui media sosial Instagram untuk mengetahui berbagai aktivitas dan wisata, seperti wisata alam, sejarah, budaya, edukasi, kuliner yang dapat ditemukan di destinasi desa wisata. Instagram merupakan media yang ideal dalam mempromosikan industri pariwisata di Yogyakarta, karena banyak digunkanan oleh masyarakat luas. Daya tarik dari unggahan di akun Instagram desa wisata mempunyai pengaruh yang kuat terhadap pemilihan destinasi desa wisata.

Kata kunci: desa wisata, instagram, perilaku, wisatawan.

Downloads

Published

2024-03-05

How to Cite

SARI, N. R. ., & KUSUMA, N. M. P. . (2024). PENGARUH PERILAKU PENUMPANG UDARA DALAM MENGGUNAKAN INSTAGRAM TERHADAP PEMILIHAN DESTINASI DESA WISATA . PETA - Jurnal Pesona Pariwisata, 1(2), 120–127. https://doi.org/10.33005/peta.v1i2.23