STRATEGI DIGITAL MARKETING COMMUNICATION DALAM INDUSTRI PERHOTELAN

Authors

  • Sendy Fransiscus Tantono Putro
  • Risna Amalia Ulfa

DOI:

https://doi.org/10.33005/peta.v2i1.6

Abstract

Budaya konsumen dalam era sekarang ini berdampak langsung pada persaingan bisnis. Saat ini untuk memenangkan persaingan bisnis terutama
dalam bidang perhotelan diperlukan adanya implementasi dari perencanaan yang strategis dengan memanfaatkan teknologi digital. Industri perhotelan
harus memanfaatkan pesatnya perkembangan dunia digital, salah satunya yaitu melakukan pemasaran dengan strategi digital marketing
communication. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang program digital marketing communication bagi Hotel Transformer Center kota Batu,
dalam rangka menjawab tantangan era digital modern ini. Jenis penelitian yang dilakukan adalah kualitatif deskriptif yang berfokus pada website,
Instagram, dan direct personal WhatsApp communication yang merupakan akses informasi utama dari Hotel Transformer Center. Pengumpulan data
dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Perancangan strategi digital marketing communication yang inovatif sangat diperlukan
untuk dapat membangun hubungan dengan konsumen, yaitu melalui pembuatan kalender pengelolaan, sistem dan cara perumusan konten,
pembaharuan website, komunikasi yang intense melalui Instagram dan Facebook, dan perlu untuk selalu mengikuti trend terkini seperti penggunaan
sosial influencer atau key opinion leader. Semua strategi komunikasi digital ini dilakukan supaya target pasar atau customer mendapatkan informasi
yang benar tentang produk yang dipasarkan serta membangun kedekatan emosional dengan customer.

Kata kunci: strategi pemasaran, komunikasi pemasaran digital, kalender manajemen

Downloads

Published

2024-03-21

How to Cite

Putro, S. F. T. ., & Ulfa, R. A. . (2024). STRATEGI DIGITAL MARKETING COMMUNICATION DALAM INDUSTRI PERHOTELAN . PETA - Jurnal Pesona Pariwisata, 2(1), 22–29. https://doi.org/10.33005/peta.v2i1.6