MENINGKATKAN DAYA SAING DESTINASI WISATA ALAM MELALUI PENERAPAN EKOWISATA BERBASIS KEARIFAN LOKAL STUDI KASUS PADA EKOWISATA KAMPOENG KEPITING RESTAURANT
DOI:
https://doi.org/10.33005/peta.v3i1.60Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis potensi dan mengeksplorasi penerapan konsep ekowisata berbasis kearifan lokal sebagai strategi untuk meningkatkan daya saing destinasi wisata alam. Penelitian ini akan fokus pada identifikasi kearifan lokal yang relevan dengan wilayah tujuan wisata, pengembangan produk dan layanan ekowisata berdasarkan kearifan lokal, serta pengukuran efektivitas penerapan strategi ekowisata dalam meningkatkan daya tarik dan keunggulan kompetitif destinasi wisata alam. Metode penelitian yang akan digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dengan stakeholder lokal, observasi partisipatif, dan analisis dokumen terkait. Informasi yang terkumpul akan dianalisis secara tematik untuk mengidentifikasi kearifan lokal yang relevan dan merumuskan rekomendasi pengembangan produk dan layanan ekowisata yang berkelanjutan. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini adalah pemahaman yang lebih baik tentang potensi kearifan lokal dalam pengembangan destinasi wisata alam. Selain itu, diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap pengembangan pariwisata berkelanjutan dengan pendekatan ekowisata berbasis kearifan lokal, dan menjadi acuan bagi pengambil keputusan, pemerintah daerah, dan pelaku industri pariwisata dalam mengembangkan dan mempromosikan destinasi wisata alam yang berkelanjutan dan memiliki daya saing yang tinggi.
Kata kunci: daya saing, destinasi wisata alam, ekowisata, kearifan lokal.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 I PUTU PUTRA ASTAWA, NI PUTU PUSPA WIDYASTITI, I PUTU SURYA PRADITA JAYA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.